*Kegiatan Sosialiasi Pembinaan Komunikasi (BINKOM) Kodim 0409/Rejang Lebong / Sumber Picture : Antaranews


Pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong, Bengkulu, saat ini tengah melakukan antisipasi potensi terjadinya konflik sosial di wilayah itu dengan meningkatkan pembinaan masyarakat.


"Selaku komandan satuan kewilayahan bersama Forkopimda Rejang Lebong berkewajiban untuk mencegah terjadinya konflik sosial dan berupaya menciptakan situasi yang kondusif demi kesinambungan program pembangunan di wilayah," kata Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol CZI Trisnu Novawan pada acara pembinaan dan komunikasi pencegahan konflik sosial di Rejang Lebong, Selasa.


Dia menjelaskan untuk mencegah terjadinya konflik sosial dibutuhkan kerja sama, sinergitas dengan pihak-pihak terkait serta komponen masyarakat di wilayah itu seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, mahasiswa, media dan lainnya.


Upaya pencegahan konflik sosial ini mereka lakukan bersama dengan pihak kepolisian dan pemerintah daerah dengan menggelar pembinaan dan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat dalam tiga kabupaten di wilayah hukum Kodim 0409/Rejang Lebong yang meliputi Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong.


Sementara itu ketua tim pelaksana pembinaan dan komunikasi pencegahan konflik sosial staf Intelijen Angkatan Darat Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo yang hadir dalam kegiatan yang digelar Kodim 0409/Rejang Lebong kali ini mengatakan konflik sosial bisa muncul dari mana saja dan kapan saja sehingga harus diantisipasi agar tidak mencuat.


"Kita patut bersyukur dalam setiap konflik yang terjadi pemerintah daerah bersama elemen masyarakat secara cepat dapat mengatasinya dengan baik sehingga tidak berkembang luas," jelas dia.


Pencegahan terjadinya konflik sosial, kata Agustinus, bukan tanggung jawab pemerintah semata melainkan seluruh pihak, oleh karena itu harus dilakukan upaya pencegahan dan deteksi dini untuk mencegah terjadinya konflik sosial di dalam masyarakat pascakenaikan BBM serta mendekati Pemilu 2024.


Pada kegiatan pembinaan dan komunikasi pencegahan konflik sosial yang digelar Kodim 0409/Rejang Lebong ini selain dihadiri oleh tim dari Mabes TNI AD juga menghadirkan pembicara dari Kesbangpol Pemkab Rejang Lebong, Kasat Intelkam Polres Rejang Lebong dengan dihadiri ratusan peserta dari kalangan tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa dan lainnya. (Rls)

Lebih baru Lebih lama