*TMMD Kodim 0409 / Rejang Lebong bangun Sapras Air Bersih

 


Satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu, membuat sumur bor guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Desa Air Lanang, Kabupaten Rejang Lebong.


"Saat ini pengerjaan pembuatan sumur bor sudah berjalan, kemarin sempat tertunda karena alatnya berupa pipa harus didatangkan dari luar daerah," kata Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol CZI Trisnu Novawan melalui Pasi Teritorial Kapten CBA Arif Parwoko di Rejang Lebong, Minggu.


Dia menjelaskan, pembangunan sarana air bersih bagi warga Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan yang menjadi lokasi TMMD ke 115 Kodim 0409/Rejang Lebong tersebut dilakukan karena warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih mengingat berada di dataran tinggi.


Penyediaan air bersih melalui sumur bor itu sendiri mereka anggap sebagai solusi bagi masyarakat Desa Air Lanang yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih, dan untuk mendapatkannya mereka harus pergi jauh dusun lainnya.


Pengerjaan pembuatan sumur bor dan tempat mandi warga ini diperkirakan akan memakan waktu hingga satu minggu kedepan.


Dia berharap nantinya sumber air bersih dari sumur bor itu bisa dipelihara oleh warga setempat sehingga bisa bertahan lama dan memberikan manfaat yang banyak.


Pada kegiatan TMMD yang dipusatkan di Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan Kodim 0409/Rejang Lebong terhitung 11 Oktober hingga 11 November nanti, tambah dia, diisi dengan berbagai pembangunan fisik dan non fisik diantaranya pembukaan jalan baru sepanjang 5,5 KM meter dengan lebar 8 meter yang akan menghubungkan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah.


Kemudian pembuatan plat duiker sebanyak 5 unit, bedah rumah, pembuatan pos kamling. Selanjutnya pembangunan rumah miskin dua unit, rehab mushola.


Selain itu mereka juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan seperti hukum, kesehatan, pertanian, wawasan kebangsaan dan lainnya. (Rls/)

Lebih baru Lebih lama