*Suasana Penilaian Akhir Semester (PAS) SMKN Pertanian Tugumulyo, Musi Rawas. Senin (27/11).



Lubuklinggau - Warunginformasi.co.id


Tepat pada 27 November 2023, SMK Negeri Pertanian 2 Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas resmi mengadakan Penilaian Akhir Semester atau PAS secara online dengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Total hampir 380 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, XII mengikuti ujian tersebut. 


Ujian yang diadakan selama 7 hari terhitung mulai tanggal 27 November 2023 hingga 1 Desember 2023 dan di lanjutkan pada hari berikutnya setelah hari libur yakni tanggal 4 Desember 2023, Bertempat digedung SMKN Pertanian 2 Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. 


Menurut Selvi ketua panitia pelaksana PAS, Ujian pertama tersebut dapat dikatakan berlangsung secara normal tanpa  mengalami kendala. 


"Jika kita melihat jauh ke belakang, Ujian via aplikasi ini memang mulai masif diadakan sejak kurikulum K13 mulai diterapkan diberbagai sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia". Senin (27/11).


Jika dibandingkan pelaksanaan PAS secara manual atau tertulis dengan PAS menggunakan Android, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat ujian manual, secara umum selesai ujian terjadi interaksi sesama siswa. Mereka saling bertanya dan membahas soal yang baru diujikan.

Selvi - Ketua Pelaksana PAS SMKN 2 Pertanian Kabupaten Musi Rawas.


Selvi mengungkapkan mengenai Kelebihan dan Kekurangan didalam program PAS berbasis Online (Aplikasi).


“Nilai positifnya adalah anak-anak mampu menggunakan IT dengan terampil sesuai peraturan pemerintah. Nilai hasil PAS dapat langsung dipantau secara teratur, dan ketertiban dalam keterlibatan siswa jauh lebih efesien dikarnakan siswa fokus terhadap ujian” tutur Selvi.


Lebih lanjut Selvi menjelaskan kelemahan dalam prosedur PAS berbasis Online (Aplikasi), yakni ada di antara anak-anak yang memanfaatkannya untuk bermain game dan menggunakan WhatsApp untuk saling bertanya sesama mereka.


“Namun dapat kita atasi dengan menugaskan para pengawas ujian untuk dapat memantau dan mengawasi lajunya proses Ujian dengan cara duduk di posisi belakang siswa atau terus berkeliling guna memantau kegiatan ujian. Alhamdulillah saat ini semuanya sudah dapat diatasi,”.



Penulis : Iqbal

Media Warunginformasi.co.id

Lebih baru Lebih lama