*Muamad Ali Gunawan - Peserta Tari Perwakilan SMAN Surulangun.



Muratara - Warunginformasi.co.id


Festival Danau Rayo di Kabupaten Muratara kembali digelar. Tahun ini keempat kalinya festival seni dan budaya ini digelar.


Gubernur Sumsel Herman Deru saat pembukaan Festival Danau Rayo ke 4 tahun 2023 di Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit, Kabupaten Muaratara memberikan apresiasi dalam pegelaran festival tersebut.


"Saya sangat mengapresiasi langkah pemerintah kabupaten Muratara yang mengoptimalkan semua potensi termasuk kepariwisataan", ujar orang nomer satu di provinsi Sumatera Selatan itu. Rabu (26/9).


Dalam pegelaran kemeriahan Festival Danau Rayo yang ke empat kalinya itu, diselenggarakan juga lomba "Tari Kreasi Festival Danau Rayo" sebagai salah satu bentuk promosi kebudayaan adat kabupaten Musi Rawas Utara.


Salah satu peserta, yaitu perwakilan dari SMAN Surulangun tampil memukau dalam kemeriahan Festival Danau Rayo. Beranggotakan empat orang penari dengan menggunakan pakaian khas kabupaten Musi Rawas Utara.


Dengan membawa konsep tari kreasi bertemakan "KEBERSAMAAN BERBIDUK DIDANAU RAYO", perwakilan SMAN Surulangun berhasil memikat perhatian para tamu undangan.


Muhamad Ali Gunawan, sebagai kepala sekolah SMAN Surulangun menjelaskan mengenai konsep dan makna dari tarian yang dibawakan anak didiknya dalam pegelaran festival tersebut.


"Tari ini berasal dari daerah muratara yang meggambarkan tentang sebuah danau yang Bernama DANAU RAYO, dimana danau rayo ini adalah salah satu tempat wisata yang ada dimuratara."


Lebih lanjut, M. Ali Gunawan menggambarkan makna dari alunan tarian peserta.


"Gerakan para penari yang terlihat seperti mendayung diatas biduk, Gerakan-gerakan para penari ini juga menggambar keserasian dan keselarasan dari daerah muratara tersebut dimana para penduduk nya yang sangat harmonis dan bersahaja." Tutupnya.



Penulis : Iqbal

Media : Warunginformasi.co.id

Lebih baru Lebih lama