*Program TMMD Ke-115 Kodim 0409 / Rejang Lebong



Rejang Lebong | Warunginformasi.co.id


Komandan Korem 041/Garuda Emas Bengkulu Brigjen TNI Ahmad Budi Handoyo meminta warga Desa Air Lanang Kabupaten Rejang Lebong untuk menjaga dan memanfaatkan bangunan yang telah dibangun dalam program TMMD di daerah itu.


"Program pembukaan jalan, bedah rumah, rehab mushola dan lainnya yang sudah dibangun dalam program TMMD ini agar dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh masyarakat sekitarnya," kata Brigjen TNI Ahmad Budi Handoyo usai menutup program TMMD ke 115 Kodim 0409/Rejang Lebong, di Rejang Lebong, Rabu.


Dia menjelaskan, program TNI Manungga Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan Kodim 0409/Rejang Lebong di Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan dengan jenis kegiatan fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 5,5 KM, pembuatan plat duiker, bedah rumah, pembuatan pos kamling, pembuatan sumur bor, pembangunan rumah miskin serta rehab mushola.


Selain itu dalam program TMMD ini juga melaksanakan kegiatan pembangunan non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan seperti hukum, kesehatan, pertanian, wawasan kebangsaan dan lainnya.


Menurut dia, kegiatan pembangunan dalam program TMMD tersebut sudah sesuai dengan perencanaan dengan didampingi konsultan serta dirinya ikut memonitor langsung, di mana setiap minggu Komandan Kodim membuat laporan kepada dirinya.


Di Provinsi Bengkulu sendiri kegiatan TMMD jajaran Korem 041/Gamas Bengkulu pada tahun ini, kata Ahmad Budi Handoyo, selain dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong juga di Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara, di mana kegiatannya juga sudah selesai dengan hasil yang memuaskan.


Sementara itu Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi mengucapkan terimakasih atas kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan Kodim 0409/Rejang Lebong terhitung sejak 11 Oktober lalu hingga 9 November 2022 di wilayah itu dan menilai azas manfaat yang langsung dirasakan masyarakat setempat diantaranya dalam program bedah rumah serta pembangunan rumah miskin, kemudian program pembukaan jalan maupun rehab mushola.


"Masyarakat tani kita sangat terbantu, mereka yang mau berangkat atau pulang dari kebun membawa hasil tani Insya Allah dengan terbukanya jalan itu akan merasa terbantu dan ringan. Pesan saya kepada masyarakat agar bangunan TMMD ini dijaga dan dirawat," terangnya.


Pihaknya ke depan katanya akan menggulirkan program-program lanjutan guna meningkatkan jalan yang sudah dibuka ini sehingga bisa menjadi akses transportasi masyarakat namun harus disesuaikan dengan ketersediaan anggaran daerah. (Iqbal)

Lebih baru Lebih lama