*Tiga Simbol Pada SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo.



Musirawas-Warunginformasi.co.id


Ada hal menarik yang terdapat di salah satu sekolah dikabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Yaitu, adanya 3 simbol yang ditampilkan dilingkungan sekolah.


Ketiga simbol itu ditampilkan dengan ukuran besar, bahkan salah satunya berada tepat bersebelahan dengan pintu utama pada lingkungan SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo, yang menjadi pusat perhatian bagi guru dan murid.


Lantas, apa artinya dari ketiga simbol yang terdapat pada sekolah tersebut.


Donni Pestalozi, selaku Kepala UPT SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, saat dibincangin secara eklusif diruang kerjanya. Selasa (11/07).


Menjelaskan tentang adanya ketiga simbol yang diberada pada sekolah yang dipimpinnya saat ini.


"3 simbol yang ada disekolah pertanian ini adalah hal baru yang kami gaungkan untuk warga sekolah".


Saat ditanyai mengenai makna dari simbol-simbol tersebut, Doni mengungkapkan masing-masing simbol itu memiliki maknanya tersendiri.

*Simbol War On Drugs.


"Pertama, ada simbol War On Drugs, simbol ini mengartikan, dalam rangka membangun kesadaran bersama untuk mencegah adanya penyebaran Narkoba dilingkungan sekolah".


"Kedua, ada simbol Stop Bulying yang berarti bentuk dukungan kepada sekolah dan lingkungan lainnya untuk membantu anak-anak dan remaja, staf sekolah, orang tua, serta tenaga profesional lainnya yang bekerja bersama anak-anak untuk memahami definisi dari saling menghormati".

*Simbol Stop Bullying.


Untuk simbol Stop Bullying sendiri, Donni Pestalozi mengungkapkan Bullying harus dihentikan sekarang juga! Mengapa?


Karena dampaknya sangat luas sekali mulai dari prestasi akademis, kehidupan sosial, kesehatan mental dan fisik anak, hingga keselamatan nyawa anak. Jenis jenis bullying sangat beragam, mulai dari bullying secara fisik, verbal, sosial, hingga cyber bullying.


Dan yang terakhir, atau ketiga ada simbol Visi Misi Sekolah.

*Simbol Visi-Misi Sekolah.


"Disini, simbol ini digambarkan dengan bentuk gear atau mesin. yang mengarah pada kerja sama didalam lingkungan sekolah, diharapkan seluruh warga didalam sekolah dapat berkerja sama dalam mencapaikan tujuan yang sama dan selaras dengan visi misi sekolah SMK Pertanian N 2 Tugumulyo".


Ternyata, itulah makna dari tiga simbol yang terdapat di SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo.


Penulis : Iqbal


Lebih baru Lebih lama