*dok : Rona Almada - GPS



Lubuklinggau - Warunginformasi.co.id


Berdasarkan hasil audit BPK atas laporan keuangan pemerintah Kota Lubuklinggau tahun 2022 dengan nomor : 30.A/LHP/XVIII.PLG/05/2023. Tanggal : 06 Mei 2023.


Ditemukan sebanyak tiga paket pekerjaan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, pada belanja modal kekurangan volume sebesar Rp. 259.426.373.


Ketiga paket pekerjaan tersebut diantaranya, pembangunan ruang pediatric ICU (PICU) Rumah Sakit Siti Aisyah, pembangunan gedung kantor Puskesmas Sidorejo (PONED) dan pembangunan gedung Labkesda.


Menanggapi permasalahan tersebut, Gerakan Pemuda Silampari, Rona Almada, menilai bahwa hal tersebut besar kemungkinan ada unsur kesengajaan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.


Disampaikan, dalam hasil LHP BPK tersebut sudah jelas, ada modus operandinya serta juga ada unsur kesengajaan dan kelalaian dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau dalam hal ini selaku pengguna anggaran dalam kegiatan itu.


“hal itu bisa terjadi karena ada penyebabnya tidak mungkin ada asap kalau tidak ada api”, ucap Rona, Jumat (23/6/2023)


Dikatakan, seharusnya pihak dinas dalam hal ini baik itu PPK atau PPTK terutama Kadis, bisa lebih cermat dan teliti dalam menerima hasil pekerjaan yang telah di kerjakan, sebab jika ada kelalaian serta salah dalam perhitungan tentu hal ini sangat berpotensi dapat merugikan keuangan negara.


“Atas hal ini, kami bersama kawan-kawan akan berkomitmen untuk mengkawal persoalan ini sampai tuntas jangan sampai ada penyelewangan dalam penggunaan anggaran yang dapat merugikan keuangan negara”, tegasnya. (Iqbal/TIM)

Lebih baru Lebih lama