*tampak Kondisi Bangunan Rangka Baja Perpustakaan Kab. Muratara


Muratara, Warunginformasi.co.id - Pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan (Perpus) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan, diduga tidak sesuai spek teknis pembangunan. Rabu, (5/4/2023)


Pantauan lapangan, terlihat pembangunan gedung tersebut masih dalam proses pengerjaan, tampak dinding-dinding bangunan masih belum ada yang di plaster dan baru sebatas pemasangan batu bata rangka atap gedung.


Tampak juga, di bagian atas bangunan pada bagian ring balok hanya di cor menggunakan papan mal dan tidak menggunakan besi seperti pada umumnya.


Kemudian, pada pola pemasangan rangka atap gedung yang menggunakan rangka baja terlihat pada pemasangan kuda-kuda rangka di masukkan ke dalam tembok dinding gedung dan untuk bagian atasnya hanya menumpang pada ring balok.


Dilokasi juga terlihat, pada pemasangan pola rangka baja atap tidak terlihat adanya pemasangan untuk kanal tarik (bottom chord braching) sebagai penompang dan penguat dari kuda-kuda rangka atap bangunan tersebut.


Informasi di himpun, pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan Kabupaten Muratara tersebut, bersumber melalui dana APBD tahun 2022, dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp.9.696.815.000,- melalui dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Muratara. 


Sementara itu, baik Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muratara, Hj. Herawati maupun Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Rendi Nopradego, sampai saat ini belum berhasil ditemui. (Iqbal/Mikel)

Lebih baru Lebih lama