*dok : Dian Chandera - Kadisdikbud Kota Lubuklinggau



LUBUKLINGGAU -Warunginformasi.co.id


Saat bulan Ramadan atau bulan puasa, jadwal sekolah siswa SD, SMP, hingga SMA di Kota Lubuklinggau Sumsel biasanya akan berubah.


Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Lubuklinggau menegaskan masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) mengenai aturan pembelajaran selama bulan Ramadhan.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau Dian Chandera melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Yulianti menjelaskan.


"Untuk jadwal Ramadan dari Dinas Provinsi belum ada tembusan, apakah akan dikurangi atau tidak," kata Yulianti Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau pada wartawan, Rabu (8/3/2023).


Menurut Yulianti kemungkinan besar juknis dari dinas provinsi itu akan keluar dalam pekan-pekan ini, bahkan kalau sudah keluar akan langsung disebar ke masing-masing sekolah.


"Setelah juknisnya keluar akan langsung kita tindak lanjuti dan kita sebar ke sekolah sekolah," ungkapnya.


Hanya saja, kata Yulianti berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, saat bulan Ramadan biasanya ada pengurangan waktu belajar mengajar di sekolah.


"Biasanya ada pengurangan waktu, masing-masing 1 Jam pelajaran akan dikurangi 5 menit," ujarnya.


Kemudian saat bulan Ramadan nanti cendrung lebih banyak ditekankan kepada kegiatan-kegiatan keagamaan, agar anak-anak fokus beribadah.


"Kegiatan banyak ditekankan lebih keagamaan, atau bisa dikatakan ibadah," ungkapnya.


Termasuk untuk jadwal libur juga belum ada, tapi seperti biasanya libur lebaran itu pada saat satu minggu sebelum lebaran dan satu minggu sesudah lebaran.


"Kalau awal puasa biasanya ada juga libur tapi paling sehari, untuk tahun ini belum tahu," ujarnya. (HABIB)

Lebih baru Lebih lama