*Dok : Uji Kompetensi Keahlian SMK Negeri Purwodadi, Senin 26 Februari 2024.



Musi Rawas - Warunginformasi.co.id


Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Purwodadi Laksanakan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), bertempat di gedung Uji Kompetensi masing-masing jurusan, Senin (26/2/24).


Sebanyak 129 peserta didik pada jenjang kelas XII atau kelas 3 dibagi menjadi empat Rombel masing-masing terdiri menjadi dua Otomotif dan dua RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).


Saat ditemui diruang kerjanya Kepala SMK Negeri Purwodadi dalam hal ini diwakilkan oleh Waka Kurikulum Drs. Mgs  M. Nasir dengan di dampingin Bambang Nurcahya Edi, S.pd, Kepala Tata Usaha (TU) mengatakan, kegiatan UKK dilaksanakan mulai dari tanggal 26 Februari 2024 sampai dengan 29 Februari 2024 atau dilaksanakan selama 4 hari.

*Drs. Mgs M. Nasir (Waka Kurikulum) didampingi Bambang Nurcahya Edi, S.pd (Kepala TU).


"UKK menjadi salah satu pembeda penting antara SMA dan SMK. Dengan adanya Uji Kompetensi, setelah lulus peserta didik diharapkan mampu bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, " ujar Nasir.


Menurutnya, ada dua jurusan yang saat ini di ujikan. Dimana, untuk Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bekerja sama dengan dunia industri. Jadi kalau otomatif itu dari utama motor megang, sedangkabg RPL itu kita ambil dari universitas.


"UKK ini di ikuti sekitar 129 orang siswa dari dua jurusan yang ada yakni Otomotif Sepeda Motor dan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), " terangnya.


Lebih lanjut, Nasir menjelaskan UKK merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK bertujuan untuk mengukur sampai sejauh mana keterampilan (Kompetensi) peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang tiga tahun.


Penulis : Iqbal

Media : Warunginformasi.co.id

Lebih baru Lebih lama