Lubuklinggau - Warunginformasi.co.id

Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).


Untuk mendapatkan Tittle sebagai Sekolah Penggerak, harus melalui berbagai seleksi yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah.


Berdasarkan laman resmi dari Kemendikbud di https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/faq/ .


"Kemendikbud akan membuka pendaftaran untuk kepala sekolah di Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah terpilih untuk menyelenggarakan Program Sekolah Penggerak. Kepala sekolah yang mendaftar akan diseleksi untuk kemudian ditetapkan oleh tim panel" .


Setelah seleksi, dan lulus maka baru dinyatakan sebagai salah satu Sekolah penggerak . Hal senada juga disampaikan Oleh Jamal, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 yang mendapatkan Predikat sebagai salah satu Sekolah Penggerak diKota Lubuklinggau .


"Kami melalui berbagai seleksi, dan melaksanakan berbagai ujian seleksi hingga dinyatakan Lulus sebagai sekolah Penggerak" ujar jamal .


Lebih lanjut jamal mengatakan, bahwa hal tersebut adalah sebuah prestasi bagi Sekolah Kami .


"Hal tersebut adalah sebuah prestasi bagi kami, dimana nanti akan ada namanya Guruk Penggerak juga, yang termasuk dalam salah satu program dari Sekolab Penggerak yaitu SDM " .


Namun hal berbeda yang disampaikan oleh salah satu Guru bidang kurikulum berinisial S, mengatakan bahwa sekolah yang terpilih sebagai Sekolah Penggerak itu bukan sekolah terbaik .


"Jadi kalau di katakan sekolah penggerak itu sekolah terbaik, nggak, sekolah penggerak itu bukan sekolah terbaik, tergantung orang siswa nya mau milih kemana , begitu sudah masuk ke kandang kita nanti itu program nya yang berbeda ", ujar salah seorang Guru Kurikulum di SMA 5 berinisial S.


"Jadi kalau sudah masuk sekolah penggerak, itu tidak bisa pindah kesembarang sekolah, harus kesesama sekolah penggerak" ujar oknum tersebut .


Saat diwawancarai mengenai hal - hal yang bisa di tonjolkan dari sekolah Penggerak, Oknum guru tersebut melarang untuk di publikasikan, karna untuk program sekolah tersebut belum boleh disampaikan kepada masyrakat atau calon orang tua siswa yang akan mendaftar ke sekolah SMA 5 Lubuklinggau selaku salah satu sekolah yang mendapatkan predikat Sekolah Penggerak.


"Itu tidak boleh diliput, karna belum boleh disampaikan kepada masyarakat, karna nanti sekolah akan mendapatkan Sanksi dari Dinas Pendidikan karna belum Lounching" ujarnya


Perlu diketahui, Kelebihan menjadi Sekolah Penggerak  bagi sekolah yang melaksanakan program Sekolah Penggerak, yaitu: Peningkatan mutu hasil belajar dalam kurun waktu 3 tahun. Peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru. Percepatan digitalisasi sekolah.

Lebih baru Lebih lama